Ilustrasi | Antoni Shkraba/Pexels

Interpersonal Skills yang Harus Dimiliki

Ilustrasi | Sora Shimazaki/Pexels
Ilustrasi | Antoni Shkraba/Pexels

Tau gak Sobat CDC? kalau terjun di dunia kerja itu perlu yang namanya menguatkan interpersonal skill loh. Lalu apa sih interpersonal skill itu? Jadi interpersonal skill adalah semua perilaku yang memungkinkan kita untuk bekerja sama dengan orang lain, baik itu atasan, rekan kerja, atau klien. Kemampuan interpersonal ini juga dapat membantu untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Interpersonal skill merupakan keterampilan yang Sobat CDC harus miliki agar bisa bekerja dengan baik bersama orang lain. Berikut beberapa interpersonal skill yang Sobat CDC bisa kembangkan untuk menunjang perkembangan karir ke depannya :

  1. Komunikasi Verbal
    Komunikasi Verbal merupakan interpersonal skill yang perlu dimiliki di dalam dunia kerja. Karena di tempat kerja Sobat CDC dituntut untuk saling berkomunikasi dengan rekan kerja untuk menjalin sebuah kerjasama. Dengan kemampuan komunikasi verbal yang baik Sobat CDC bisa menghindari terjadinya miskomunikasi serta dapat menciptakan komunikasi yang efektif.
  2. Komunikasi Non Verbal
    Selain komunikasi verbal, dalam berkomunikasi juga ada yang namanya komunikasi non verbal. Kemampuan komunikasi non verbal ini sendiri juga cukup penting untuk dimiliki, hal ini karena agar Sobat CDC dapat memahami maksud yang disampaikan melalui bahasa tubuh ataupun tulisan. Komunikasi non verbal juga dapat membantu Sobat CDC dalam memahami situasi yang sedang dihadapi.
  3. Pendengar yang Baik
    Salah satu interpersonal skill yang satu ini memang terdengar sepele. Menjadi pendengar yang baik perlu Sobat CDC dalam menjalin hubungan di dunia kerja. Karena dengan menjadi pendengar yang baik, Sobat CDC akan senantiasa memiliki hubungan yang baik dengan rekan serta orang lain akan memandang kita dengan hormat.
  4. Kecerdasan Emosional
    Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengatur emosi diri sendiri. Kecerdasan emosional sendiri dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam bekerja. Maka dari itu Sobat CDC harus mampu menguasai kecerdasan emosional agar bisa melakukan pekerjaan dengan bagus secara konsisten.
  5. Kepemimpinan
    Meski Sobat CDC bukan menjadi seorang atasan, tapi Sobat CDC juga perlu memiliki skill kepemimpinan. Karena dengan skill kepemimpinan akan mempermudah dalam melakukan kerja sama tim, membantu dalam mengambil keputusan, serta berguna juga dalam pengambilan inisiatif.
  6. Negosiasi
    Kemampuan negosisasi juga perlu Sobat CDC miliki dalam membangun hubungan dalam dunia kerja. Dengan kemampuan negosiasi Sobat CDC dapat mencapai win-win solution ketika dihadapkan dengan situasi yang sulit.
  7. Manajemen Konflik
    Tidak jarang dalam sebuah perusahaan atau area pekerjaan, akan terjadinya konflik antar rekan kerja, baik itu rekan kerja dengan rekan kerja yang lainnya, Sobat CDC sendiri dengan rekan kerja, ataupun bisa juga konflik dengan klien atau konsumen. Maka dari itu Sobat CDC perlu menguasai manajemen konflik, agar Sobat CDC bisa menjadi penengah dalam suatu konflik tanpa menyudutkan salah satu pihak yang sedang berkonflik. Dengan begitu masalah konflik yang terjadi bisa terselesaikan dengan adil dan memuaskan semua pihak.
  8. Problem Solving
    Kemampuan yang satu ini sangat perlu Sobat CDC miliki di tempat kerja. Pasalnya, di dalam dunia kerja pasti ada saja masalah yang terjadi dan masalah tersebut pasti membutuhkan solusi untuk bisa diselesaikan. Seseorang yang memiliki kemampuan problem solving biasanya mampu berpikir kritis serta ulet dalam memecahkan masalah. Jadi, jika Sobat CDC sudah memiliki kemampuan problem solving maka Sobat CDC tidak akan kesulitan dalam menangani masalah di tempat kerja.
  9. Rasa Menghargai Orang Lain
    Menghargai orang lain adalah hal penting yang harus Sobat CDC lakukan dalam menjalin hubungan antar rekan kerja ataupun atasan. Sobat CDC bisa melakukannya dengan cara bersikap sopan, membantu orang lain, meminta maaf ketika melakukan kesalahan, dan berterima kasih ketika mendapatkan bantuan. Dengan menghargai orang lain, maka Sobat CDC juga akan dihargai oleh orang lain, dengan begitu Sobat CDC tidak akan mudah terlibat dalam sebuah konflik.
  10. Rasa Empati
    Kunci berhubungan baik dengan rekan kerja salah satunya adalah dengan adanya empati. Tanpa empati Sobat CDC akan kesulitan dalam memahami perasaan orang lain. Seseorang dengan empati yang tinggi akan menciptakan suasana yang positif di dalam tempat kerja.
  11. Etika Baik
    Menjaga etika baik di tempat kerja bisa Sobat CDC lakukan dengan cara datang tepat waktu, selalu mengikuti peraturan yang berlaku, dan menjaga sikap profesional setiap waktu. Dengan menjaga etika baik Sobat CDC akan mendapat kesan yang positif dari rekan kerja ataupun atasan. Etika yang baik juga akan menciptakan suasana pekerjaan yang positif.
Share your career opportunity with CDC Unitri